Minggu, 26 Juni 2022

Bermain AR bersama Assemblr Edu

Pelatihan pembelajaran berbasis AR dan 3D yang saya ikuti beberapa pekan lalu menyisakan pengalaman berharga. Diantaranya, bergabung ke dalam komunitas ACE dan saya berhasil mendesain model villa pribadi. Bermimpi bolehlah, hehehe...

Dalam mendesain villa yang saya beri nama Villa Duo R, perlu ekstra ketekunan dan ketelitian. Karena saat memilih aset 3D atau 2D harus memperhatikan area project nya, jangan sampai berada di luar area yang telah ditentukan.

Termasuk kejelian melihat posisi dan penempatan aset, sedapat mungkin tidak dalam posisi melayang. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menjelajahi area kerja ke berbagai sudut pandang. Sudut pandang yang dimaksud adalah melihatnya dari depan, belakang, samping kiri dan kanan, hingga melihatnya dari bawah area. Dengan cara seperti ini, akan lebih memudahkan kita mengatur penempatan aset.

Project Villa Duo R lalu saya coba publish ke dalam bentuk barcode. Barcode itu, saya cetak dan coba melihatnya dalam bentuk AR. Cara untuk melihat hasilnya, cukup pasang terlebih dahulu aplikasi Assemblr di ponsel. Kemudian pindai dengan menekan "scan". Tunggu beberapa saat hingga aset-asetnya terunduh secara keseluruhan hingga menampilkan bentuk tiga dimensinya.

Tampilan depan Aplikasi Assemblr versi ponsel
Berikut hasil project saya dalam bentuk barcode:

Barcode AR "Villa Duo R"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar