Senin, 27 Juni 2022

Cara View AR dengan Assemblr

Konten materi yang telah dibuat di Assemblr Studio Web dapat dikonversi menjadi barcode. Pilihan barcode untuk memfasilitasi siswa memanfaatkan ponselnya untuk belajar sambil bermain melalui tampilan tiga dimensi menggunakan teknologi AR.

Langkah awal yang harus dilakukan dengan terlebih dahulu menyediakan barcode materinya. Di bawah ini contoh barcode hewan kura-kura. Barcode dapat diperbanyak sesuai jumlah siswa.

Barcode hewan kura-kura
Langkah selanjutnya, arahkan kamera dan scan barcode melalui aplikasi Assemblr dari ponsel. Pastikan jaringan internet memadai untuk memindai/men-scan barcode tersebut. Tekan yang bertuliskan scan pada gambar yang bertanda merah berikut.
Scan barcode
Tunggu beberapa saat, karena aplikasi akan mengunduh aset-asetnya sebelum gambar tiga dimensi ditampilkan. Sedikit membutuhkan waktu dan sabar menanti, hehehe. Jika hasil scan barcode berhasil maka gambar tiga dimensi akan tampil di layar ponsel dan siswa bisa mengubah model tampilannya, apakah secara vertikal atau horizontal. Bahkan gambar bisa diperbesar juga diperkecil. Di bawah ini contoh hasil scan barcode hewan kura-kura.
Tampilan gambar 3D di layar ponsel



Tidak ada komentar:

Posting Komentar