Senin, 20 Juni 2022

Bug? Bukannya Buntung Malah Untung

Istilah bug sudah tidak asing bagi kita semua, khususnya di bidang teknologi. Bug sering ditemukan di berbagai aplikasi atau situs. Jika dalam sebuah aplikasi, bug terjadi jika terdapat kesalahan dalam menerjemahkan bahasa pemprograman sehingga adanya error yang mengakibatkan aplikasi tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tentunya hal seperti ini biasa ditemukan bagi mereka yang bergelut sebagai game developer. Namun, yang paling menyita perhatian banyak orang jika website dari platform ternama mengalami bug. Kejadian ini bisa menjadi celah para hacker mengambil alih kendali website tersebut. 

Sama halnya yang baru saja saya alami yakni tepatnya di hari keempat pelatihan, Minggu, 19 Juni 2022. Sebagai salah satu peserta pada pelatihan pembelajaran berbasis AR dan 3D dengan Assemblr Edu, saya berhasil membuat satu project sederhana. Perasaan senang bisa menyusun sendiri aset 3D dan 2D dikombinasikan dengan teks dan audio. Kali pertama bisa bermain AR (Augmented Reality) hasil project sendiri.

Lalu saya publish project itu sesuai langkah-langkah yang dijelaskan oleh narasumber. Saya pun melakukan ujicoba dengan membuka tautan web player pada smartphone sendiri. Yang terjadi, beberapa aset 3D tidak tampil. Saya khawatir karena tugas membuat project harus terkirim sebelum pukul 00:00 waktu setempat.

Bug pada hasil publish project

Saya sempat berpikir, mungkin karena smartphone saya yang jadul sehingga tidak support untuk membuka AR. Akhirnya, saya kembali mencoba membukanya melalui laptop. Soalnya laptop yang saya miliki ini "lumayan sultan lah", hehehe.

Namun, hasilnya masih saja sama. Tidak berpikir lama, saya berkomunikasi dengan Ibu Helen, narasumber pelatihan yang sedang saya ikuti. Beliau mengarahkan untuk membuat laporan bug. "Laporkan bug nya pak, saya juga sering alami. Bahkan bapak bisa dapat poin 5 tuh", ungkapnya.

Lega rasanya, karena bug bukan lagi jadi kekhawatiran malah menjadi keuntungan karena bisa dapat poin untuk pundi-pundi menuju level berikutnya.

Laporan bug diterima dan dapat poin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar